Sinopsis A Little Pond

sinopsis-a-little-pondSinopsis A Little Pond – Nogeun-ri ialah sesuatu desa yang terletak di Provinsi Chungcheong Utara, Korea Selatan. Peristiwa yang berlangsung disana pada 26-29 Juli 1950, akan menjadi salah satu tragedi yang tidak terlupakan pada waktu itu tentara Amerika Serikat melakukan pembantaian besar-besaran pada penduduk setempat yang mayoritas wanita dan anak-anak.

Penduduk Nogeun-ri ialah penduduk pedesaan yang hidup bertani. Mereka juga cukup ramah, terbukti aksi sapa-menyapa antar Masyarakat desa. Ada sesuatu mitos yang hidup disana bahwa desa mereka dijagalah oleh “Gate Rock.” ini berawal pada waktu itu masa pejajahan Jepang, yang membawa Beberapa Juta samurai menuju Seoul berwujudya menghancurkan desa tersebut cuma disebabkan terdapat buah kesemek yang dimaksud “Kam”, yang terdengar sama juga “Kami” yang bermakna dewa dalam bhs Jepang. Aksi tersebut gagal pada waktu itu batu dari langit membuat supaya tidak nampak pintu masuk desa. Tradisi ini lantas turun temurun bikin Masyarakat desa senantiasa memberikan penghormatan pada sesuatu batu besar di pintu masuk desa.

Suatu pada waktu itu, tentara Amerika Serikat, didampingi seorang tentara Asia yang berbhs Jepang melakukan aksi keliling hingga ke desa mereka. Mereka bikin seruan para Masyarakat untuk langsung mengungsi, sebab akan ada pertempuran hebat disana para komunis. Para Masyarakat yang ketakutan lantas langsung melarikan diri ke Bukit Gama. Akan tetapi, baru saja disana, para tentara menyuruh Masyarakat desa untuk lari ke arah Selatan, iming-iming akan dijemput oleh sesuatu truk yang telah disiapkan. Keluguan bikin mereka ikuti instruksi ini, sebelum selanjutnya bertemu pembantaian besar-besaran di depan mereka.

Lee Sang-Woo, sutradara dan penulis naskah film ini, membuat hadir sesuatu dramatisasi yang cukup mengenaskan. Film ini terinspirasi dari sesuatu buku berjudul “Do You Know Our Sorrow?” karangan Chung Eun-Yong, salah seorang korban selamat dari peristiwa ini; serta juga sesuatu buku berjudul “The Bridge at No Gun Ri”, yang dicatat oleh Associated Press.

Pusat cerita dalam film ini ialah Masyarakat desa Nogeun-ri. tidak sedikit tokoh-tokoh yang diperlihatkan, sehingga jarang ada dari antara mereka yang terkesan lebih bersinar di layar. semuanya punya andil dalam cerita, sehingga penonton tidak perlu untuk terkonsentrasi siapa nama dan watak khas tiap karakter. Yang saya sukai bagaimana cara Lee Sang-Woo untuk menggambarkan situasi awal di desa yang cuma mempunyai basis dua kejadian: suami-istri yang sedang bertengkar dan para bapak yang sedang asik main di sesuatu saung. Dari dua kejadian ini, kehidupan penduduk desa menjadi semakin terjelajahi oleh penonton, layaknya wujudnya pendatang, anak-anak yang pulang sekolah, anak yang dimarahi ibunya, hingga seorang Masyarakat yang baru datang dari kota.

Klik Link selanjutnya Untuk Nonton Film A Little Pond